728x90 AdSpace

Latest News

Senin, 19 November 2012

Bandwith controler






Mengatur trafik data didalam jaringan
Bandwidth Controller bertujuan untuk mengatur bandwidth dari untuk pemakaian Internet, agar semua komputer pada satu jaringan yang sama mendapatkan bagian Bandwith yang sama. Bila di sebuah jaringan komputer yang terdidiri dari beberapa komputer dan menggunakan jaringan internet yang sama, bila tidak ada Bandwith Controller maka pemakaian internet pada setiap komputer tidak merata. Sebab komputer yang melakukan Download dengan size yang besar maka bandwith komputer akan dialihkan kepada komputer yang sedang mendownload tersebut, sementara komputer lain bandwithnya akan drop (Melambat)
Penempatan software Bandwidth Controller sangatlah penting,karena dengan software ini anda dapat membagi bandwith internetnya ke seluruh komputer dengan sama besar (Merata) sehingga cocok digunakan untuk bidang usaha Warnet.
Bandwith kontroler tidaklah sama dengan Server, Server bertugas hanya sebagai gerbang membuka atau menutup jalur antara Provider dengan komputer lainnya (Client), Server dapat memblok sebuah komputer Client agar tidak terhubung dengan Internet, server juga dapat menutup jalur akses sebuah situs ke komputer Client, sehingga client komputer tidak dapat mengakses situs tersebut; Contohnya Sebuah server dapat memblokir agar komputer client tidak dapat mengakses situs facebook.com. Sementara server tidak dapat untuk membagi Bandwith.
Fungsi Bandwith Controller :
  • Mengatur download dan upload computer lain untuk data trafik.
  • Prioritas bagi computer atau beberapa computer untuk mengaccess data pada jaringan network maupun internet.
  • Memblock atau memfilter packet baik keluar dan masuk pada sebuah computer atau group didalam LAN baik mengkontrol dari lapis network 3 dan 7.
  • Pengaktifkan batas dan prioritas bagi computer lain termasuk pengaktifkan dengan waktu tertentu.
Bandwidth Controller bisa dikatakan sebagai software pembatas bagi computer lain atau memberikan prioritas bagi computer lain agar bisa mengaccess data internet maupun data lokal
Bandwidth Controller dapat melakukan pembatasan atau membagi kecepatan trafik didalam jaringan . Bahkan software ini dapat membatasi kecepatan maksimum bagi computer lain yang dianggap terlalu banyak mengunakan data trafik. Bandwidth Controller juga memiliki beberapa fitur sangat baik sehubungan dengan kebutuhan traffic didalam sebuah jaringan network.

Dibawah ini beberapa kemampuan dari Bandwidth Controller :
  • Memberikan batasan pemakaian Bandwith iternet ke beberapa komputer atau group komputer dengan menggunakan trafik data ke server.
  • Membatasi atau membagi kecepatan trafik data seperti pembagian maksimum atau minimum dari pemakaian bandwidth
  • Membatasi pemakaian akses internet ke komputer tertentu.
  • Mengatur waktu pemakaian Internet, anda dapat mengatur waktu pemakaian internet kapan komputer bisa dipakai internet dan kapan komputer tidak dapat terhubung dengan internet.
  • Memberikan prioritas dari sebuah protokol seperti memberikan prioritas access pemakai protokol VOIP.
  • Dan fitur terbaik adalah dapat menampilkan daftar computer yang mana yang terlalu banyak mengunakan bandwidth, sehingga dapat seorang Admin dapat terus memantau kegiatan / aktifitas computer lain didalam jaringan LAN.
  • Bahkan Bandwidth Controller menampilkan kemanakah sebuah computer sedang mengaccess data dengan menampilkan koneksi dari nomor IP server didalam daftar list bandwidth Controller.
Cara kerja dari Bandwidth Controller
Software Bandwidth Controller dipasang atau diinstall pada sebuah Komputer yang memiliki access data keluar jaringan. Misalnya computer sebagai server / Gateway atau router yang mengunakan 2 ehternet card dimana 1 card untuk koneksi internal LAN terhubung ke HUB network, dan sebuah lagi terhubung ke jaringan internet. Sehingga seluruh koneksi computer ke computer server tersebut dapat diatur oleh Bandwidth Controller. Karena seluruh jalan keluar masuk harus melalui server maka Bandwidth Controller dapat memantau computer lain seperti melihat kemana saja computer tersebut terhubung, berapa banyak koneksi yang dilakukan atau berapa besar bandwidth yang digunakan oleh masing masing computer.
Bandwidth Controller secara mudah mengatur berapa kecepatan maksimum dari sebuah computer untuk mendownload atau upload secara realtime di setiap computer atau group computer. Baik sebuah computer atau group dapat dibatasi kecepatan mendownload atau upload melalui computer server.
Bandwidth Controller tidak memerlukan software tertentu pada computer client dan cukup dipasangkan pada computer server saja. Karena Bandwidth Controller mengatur dan menangkap semua packet data yang melewati ethernet card. Dengan cara demikian, maka seorang staff IT bisa saja mengurangi kecepatan internet dari dari satu buah computer tanpa campur tangan ke sipemiliknya. Cara ini akan bermanfaat bila didalam sebuah jaringan network terdapat seorang staf yang terlalu sibuk mendownload dan mengambil trafik data internet sehingga menganggu pekerja lain yang membutuhkan.
Silahkan saja coba download Bandwith Controler
  • Blogger Comments
  • Facebook Comments

0 komentar:

Posting Komentar

Item Reviewed: Bandwith controler Description: Rating: 5 Reviewed By: Danan
Scroll to Top